Istiqamah dengan ODOJ

Istiqamah dengan ODOJ




Beberapa bulan ini, saya mempunyai aktivitas baru yang insha Allah membuat saya menjadi lebih dekat kepada Allah aamiin.  apa aktivitas itu? Iya itu adalah ODOJ (One Day One Juz). Mungkin dari namanya kalian sudah mengetahui aktivitas apa yang saya lakukan tersebut? Yap, ODOJ  itu berarti kita membaca Al-quran 1 juz setiap harinya.
Mau tau lebih dekat dengan program ini? Yuk simak ..




Awal mengetahui program ini?

Saya suka membaca tentang ODOJ ini di twitter tapi hanya sekilas saja. Dan saya tidak terlalu memperhatikannya. Sampai suatu saat teman saya ada yang mengikuti program ini, saya merasa program ini bagus dan bermanfaat pastinya untuk kehidupan saya, lalu saya mencoba mencari tahu bagaimana cara mendaftarnya.

Dan Alhamdulillah ditwitter, ini menjadi trend baru yang inshaa Allah bukan trend sesaat karena akan tetap istiqamah aamiin. banyak akun-akun yang memperkuat program ODOJ ini  contohnya seperti kek @JamilAzzaini , yang membuat kita semakin istiqamah dalam menjalankannya untuk saling mengingatkan.




Bagaimana cara mendaftarnya?

Pertama saya memfollow akun @OneDayOneJuz lalu saya mengecek bagian “favorite” nya disitu terlihat jelas bagaimana cara mendaftarnya.
saya mendaftar dengan cara mengetik format Daftar #NamaLengkap #L/P #Aktivitas #Asal #Domisili ke 08118308233 ( WA Only )
Dan sekarang mungkin cara itu sudah tidak dipakai lagi, karena makin banyaknya minat mereka yang ingin bergabung dan inshaa Allah ingin lebih dekat dengan Allah J
Untuk sekarang bisa mendaftar dengan cara mengklik http://www.daftar.onedayonejuz.org/ dan akan diberitahukan info selanjutnya.
Dari situ kita akan terhubungi dengan grup WA (WhatsApp) yang jumlahnya ± 30 orang. Bila kita perempuan kita akan terdaftar dengan grup-grup yang anggotanya perempuan semua, begitupun sebaliknya.




Bagaimana cara kerja program ODOJ ?

Setiap grup WA mempunyai nama grup yang berbeda kebetulan saya mempunyai nama grup “ODOJ 1854”. Jadi kita membaca  quran 1 juz yang diberi waktu 24 jam. Kalo grup saya biasanya memulainya dari jam 18.30 (sehabis maghrib) sampe besoknya kembali dijam yang sama.
Bila kita sudah selesai kita bisa memberi kabar “kholas/sudah” untuk bagian yang telah selesai dibaca. Nah, karena grup kami adalah grup perempuan, jadi sudah biasa bila kita kedatangan datang bulan, nah biasanya disaat seperti itu juz kami di lelang.

Yap, dilelang bukan karena lagi datang bulan saja, mungkin bisa saja  karena kita lagi sakit atau ada sesuatu hal yang kita tidak sempet untuk membacanya. Ini dimaksudkan, agar kita tetap khatam dalam 1 hari dan tidak membebankan yang lainnya juga.

Setiap hari kita bergantian menjadi PJ ( Penanggung Jawab) harian, yang bertugas untuk mengingatkan dan mengiring kami untuk khatam tepat waktu. Saya pernah menjadi PJ rasanya itu deg-dengan karena takut khatam tidak tepat waktu dan juga senang bisa menjadi bagian dari mereka untuk mengingatkan.
Setelah 30 juz dibaca, biasanya Pj akan memimpin untuk membaca doa khatam secara bersama-sama agar tilawah kami hari ini diterima oleh Allah swt aamiin


Siapa saja yang mengikutinya?
\
Bisa dibilang semua usia. Asal mereka bisa membaca Al-quran dan mempunyai hp untuk bergabung dan memberi kabar. Mulai dari pelajar – ibu rumah tangga – pekerja semua berbaur jadi satu. Dengan tujuan yang saya bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan membaca Qalam dariNya.

Dan yang lebih seru lagi, mereka hadir dari berbeda-beda kota ada yang dari papua – sumatera – Sulawesi – jabodetabek bahkan ada juga yang dari luar negeri alhamdulilah ini bisa memperkuat silahturahmi kita juga.


Apa manfaat yang didapat ?



Alhamdulillah banyak sekali manfat yang saya dapat dari program ini.

    1. Inshaa Allah ingin lebih dekat dengan Allah swt dengan membaca Qalam dariNya, dan saya juga ingin mempelajari apa si yang Allah perintahkan dan larang kepada manusia, dengan cara membaca terjemahannya dan mengamalkannya

   2.  Saya bisa mengatur waktu saya bagaimana saat dengan Allah, belajar dan juga aktivitas lainnya.

    3.  Menambah keluarga baru dari berbagi daerah dan profesi yang berbeda tetapi mempunya 1 tujuan yang sama

    4.  Mempunyai semangat baru. Mereka akan terus mendukung kami disaat kami mulai lemah dan mengingatkan kita kepada Allah J


Yap ini sekilas tentang program ODOJ yang bisa saya sampaikan, semoga kami semua tetap istiqamah dan selalu dalam lindungan Allah aamiin.
Semoga bermanfaat ya J



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Istiqamah dengan ODOJ"

  1. Unknown says:
    6 Maret 2016 pukul 18.37

    bagaimana cara membuat program pesan balasan penerimaan laporan otomatis seperti yang dilakukan odoj.
    ,ohon bantuan ilmu nya akhi

Posting Komentar

Copyright 2014 Senda's Blog
Allah Be With Me designed by Senda Rusgiana
Powered by PsP
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver