Wajah baru kota Bandung

Wajah baru kota Bandung


Banyak yang bilang bahwa sekarang kota bandung tidak seperti dulu lagi, bandung yang sejuk kini sudah tidak ada lagi. Karena, bandung sekarang menjadi salah satu kota yang sibuk dan padat, karena banyak orang-orang datang kesana untung sekedar menikmati liburan.
Tapi, akhir-akhir ini kota bandung menjadi bahan pembicaraan orang banyak. Tenang, Bukan membicarakan negatifnya kota bandung lagi, melainkan membicarakan ada yang baru dikota bandung sekarang.
Karena siapa? Dan gebrakan apa yang telah dia lkukan?
Simak yuk..


Karena siapa?

Ya inilah sosok yang membuat bandung menjadi lebih hidup dan bangkit kembali seperti dulu, dia adalah walikota Bandung M ridwan Kamil. Pria kelahiran pada 4 Oktober 1971 di Bandung dari pasangan Dr. Atje Misbach SH (alm.) dan Dra. Tjutju Sukaesih. Ayahnya  adalah Doktor Fakultas Hukum UNPAD sementara ibunya dosen farmasi UNISBA dan staff ahli LPPOM MUI Jabar.  Ridwan Kamil asli orang Sunda. Darah Sunda itu berasal dari kedua orangtuanya. Ayahnya asli Subang dan ibu dari Tasikmalaya dan kedua kakeknya yang berasal dari Situ Bagendit Garut.

Sejak kecil Ridwan Kamil hidup dengan sederhana. Sarapan dengan menu telor dadar yang dibagi rata dengan 4 saudaranya. Naik angkot dari Dago ke SD Banjarsari di Jalan Merdeka. Hidup sederhana layaknya masyarakat lain.
Ridwan Kamil diasuh dengan nasehat untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak. Moral dan etika juga menjadi nilai utama yang diajarkan  ayahnya yang merupakan keturunan kiai Muhyidin yang dikenal dengan Mama Pagelaran pendiri tiga pesantren di Sumedang dan Subang serta Pamannya KH Atang Abdul Quddus (alm), Imam Mesjid Agung Subang serta ketua MUI Kab Subang. Ridwan Kamil sendiri pernah nyantri di pesantren pagelaran III yg dipimpin oleh pamannya KH Oom Abdul Qoyyum (alm)




Gebrakan apa yang telah beliau lakukan?

     1 Naik Sepeda ke Kantor


Sekitar pukul 09.30 WIB, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tiba di kantornya, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (18/9/2013). Ia mengendarai sepeda warna biru dari rumah pribadinya di Jalan Cigadung Selatan No 7 Bandung.



Emil memakai pakaian dinas harian berwarna abu-abu tua yang dibalut jaket merah sederhana. Tak lupa ia memakai helm sepeda.

Jarak dari rumah pribadi ke Balai Kota sekitar 5 km. Tapi Emil tak terlihat lelah. Maklum sebelum menjadi pucuk pimpinan Pemkot Bandung, ia memang penghobi sepeda. Ia berkomitmen akan bersepeda jika tidak ada dinas luar.

    2. Rapat Dimulai dengan Indonesia Raya

Hari pertama setelah dilantik, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menggelar rapat dengan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Selasa (17/9/2013). Sebelum rapat dimulai, seluruh peserta rapat menyanyikan Lagu Indonesia Raya.


"Saya ingin membentuk tradisi baru, sebelum rapat dimulai menyanyikan lagu Indonesia Raya," ujar Emil.

     3.  Wajibkan Pejabat Punya Twitter

Agar lebih cepat menyerap aspirasi masyarakat, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) memiliki akun twitter. Ia memberi waktu dua hari untuk pembuatan akun twitter di masing-masing instansi Pemkot Bandung.


"Seluruh Dinas harus memiliki twitter untuk menampung aspirasi dan memundahkan koordinasi juga komunikasi," jelas Emil.

     4.   Singkirkan Gadget Saat Rapat

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial, langsung mengumpulkan seluruh kepala dinas di hari pertama mereka bekerja setelah dilantik, Selasa (17/9/2013). Di rapat perdananya tersebut Emil meminta setiap peserta rapat tidak boleh mengeluarkan gadget apa pun.


"Tidak boleh ada hape (handphone-red) atau gadget di atas meja selama rapat," tegasnya di depan seluruh kepala dinas.

Menurutnya hal itu agar seluruh peserta rapat konsentrasi. "Segala sesuatu ada porsinya, biar efisien," tandasnya.

Lebih lanjut Emil mengajak seluruh kepala dinas bekerja dengan empat prinsip. "Kerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas," kata Emil.

     5 Pembangunan 600 taman
Ya, ini salah satu gebrakan beliau yang membuat masyarakat membicarakannya. Usaha beliau untuk membuat kota bandung menjadi kota kembang sepertinya akan terwujud. Ini beberapa taman yang sudah beliau bangun untuk kepentingan kota bandung dan masyarakatnya.

a.  Taman Pustaka Bunga

b.  Taman Fotografi

c.  Taman Jomblo

d.  Taman Skatepark

Dan masih banyak daftar untuk pembuatan taman-taman selanjutnya.


Semoga dengan adanya bapak Ridwan Kamil ini, kota Bandung bisa hadir kembali dengan wajah barunya yang sudah sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat. Bandung yang sejuk, bersih dan segar akan kembali hadir. Tentunya dengan dukungan masyarakat bandung juga J

Referensi:



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Wajah baru kota Bandung"

Posting Komentar

Copyright 2014 Senda's Blog
Allah Be With Me designed by Senda Rusgiana
Powered by PsP
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver