DAMPAK BAKSO TERHADAP KESEHATAN TUBUH





Siapa yang tak kenal dengan makanan bulat kenyal dan disajikan dengan kuah yang gurih ini? Ya, bakso sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia pun menyukai makanan ini. Rasanya yang enak, membuat perut kenyang dan harga yang relatif terjangkau siapa orang yang tidak tergoda?

Nah, dari peluang inilah banyak pedagang yang terjun langsung untuk berjualan bakso. Mulai dari bakso sapi, bakso malang, bakso tahu, bakso goring dan macam-macam bakso lainnya. Yang mereka anggap dapat menjadi peluang untuk bisnis dan juga untuk kelangsungan hidup mereka juga dengan berjualan bakso.

Memang banyak pedagang bakso yang jujur menggunakan daging bakso sapi asli tanpa pengawet dan juga bumbu yang aman buat tubuh manusia. Karena mereka juga memikirkan apa yang dimakan oleh pelangganya bukan hanya mencari keuntungan semata.
Tapi, tidak sedikit juga pedagang yang licik mencampurkan bakso dengan bahan-bahan berbahaya seperti formalin dan boraks. Yang bertujuan agar bakso tetap kenyal dan tahan lama. Mereka tidak memperdulikan konsumen yang memakannya mereka hanya memikirkan keuntungan semata.



Ini beberapa ciri bakso yang sudah bercampur dengan boraks dan formalin :
·      Awet dalam waktu yang lebih lama, mencapai 5 hari dalam suhu kamar.
·      Memiliki tekstur yang lebih kenyal seperti karet.
· Jika umumnya bakso berwarna abu-abu ataupun coklat, bakso ini warnanya cenderung lebih bersih.
·     Seperti dikutip dari situs resmi Badan POM RI, bakso mengandung boraks memiliki tekstur membal seperti bola jika dilempar ke bawah.
·  Selain itu, jika dicium, bakso boraks akan mengeluarkan aroma yang menyengat.


Dampak jangka panjang dan pendek yang bisa kita rasakan bila memakan bakso berformalin :

  1. Jangka pendek: Reaksi instan yang timbul akibat menelan formalin adalah rasa mual, perut panas terasa terbakar, tekanan darah menurun (darah rendah), diare, sakit kepala, sakit perut yang sangat, kejang, hingga jika yang tertelan ada dalam jumlah besar bisa mengakibatkan koma.
  2. Reaksi jangka menengah dan panjang: rusaknya organ - organ vital tubuh Anda, seperti hati, jantung, ginjal, limpa, susunan syaraf pusat dan pankreas. Selain itu, mengkonsumsi zat berbahaya ini dalam waktu lama dapat memicu kanker.

Apapun dampak negative dan postif yang terkandung dalam bakso, seharusnya membuat masyarakat menjadi lebih berhati-hati dalam memakan bakso dan dapat mengenali mana bakso yang berbahaya untuk tubuh dan mana yang tidak.
Karena, kita makan bukan hanya untuk hari ini saja tapi dampak yang ditimbulkan bisa untuk jangaka panjang dan selamanya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "DAMPAK BAKSO TERHADAP KESEHATAN TUBUH"

  1. Unknown says:
    3 Oktober 2018 pukul 00.14

    Sangat bermnfaat artikel y

Posting Komentar

Copyright 2014 Senda's Blog
Allah Be With Me designed by Senda Rusgiana
Powered by PsP
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver